NO. | TUJUAN UMUM | TUJUAN KHUSUS | PB / SB | URAIAN | WAKTU | METODE | MEDIA | EVALUASI |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1. | Peserta mempu memahami kebijakan Pemerintah tentang program KF | Peserta dapat menje laskan tentang KF | Kebijakan pemerintah tentang KF | 1. Latar belakang KF 2. UU No.23 tahun 2003 3. PP No.14 tahun 2005 4. Kebijakan Daerah | 2 jp | Ceramah Tanya jawab | Transpara , LCD | Prae test dan Post Test |
2. | Peserta dapat memahami tentang kepemimpinan | Peserta dapat menjelaskan jenis jenis kepemimpinan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari | Pengertian Jenis dan sifat kepemimpinan | 1. Jenis kepemimpinan 2. Sifat pemimpin | 2 Jp | Ceramah Tanya jawab | Transpara, LCD,Kertas | Pengamatan, Tugas |
3. | Peserta dapat memahami tentang cara /pendekatan pembelajaran orang dewasa | Peserta dapat menjelaskan tentang cara pembelajaran orang dewasa dalam kejar | Konsep Andragogi Strategi Pendidikan orang Dewasa | 1. Pengertian Andragogi 2. Prinsip dasar pendidikan orang dewasa 3. Strategi pembelajaran orang dewasa | 2 jp | Ceramah Tanya jawab Diskusi Simulasi | Transpara LCD,Kertas | Pengamatan Hasil simulasi/ praktek |
4. | Peserta dapat memahami tentang Dinamika kelompok | Peserta dapat Menjelaskan bagaimana cara mengelola kelompok dalam suatu proses pembelajaran untuk mencapai keberhasilan | Konsep Dinamika Kelompok Jenis Permainan | 1. Pengertian 2. Maksud dan Tujuan 3. Jenis permainan | 2 jp | Ceramah Diskusi Praktek | Alat- alat permainan, Kertas, Spidol | Hasil praktek |
5. | Peserta dapat memahami tentang program KF | Peserta dapat menjelaskan pengertian, tujuan, strategi dan prinsip pembelajaran KF | Pendidikan Keaksaraan Konsep Dasar KF | 1. Pengertian 2. Tujuan 3. Prinsip Pembelajaran KF 4. Strategi Pembelajaran KF | 2 jp | Ceramah Diskusi Sadap pengalaman | Hand Out, LCD,Kertas plano | Prae test dan Post test |
6. | Peserta dapat memahami tentang strategi pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung ( Calistung ) bagi WB KF | Peserta dapat membantu dan mengajar WB yang BH murni maupun yang DO dalam : -Membaca serta meningkatkan ketrampilan membaca - menulis dan Memperbaiki ketrampilan menulis - menghitung dan mengukur serta penggunaan uang dalam penggunaan sehari-hari | Membaca Menulis Berhitung | 1. pendekatan pengalaman Berbahasa 2. Kamus sendiri dan Poster Abjad 3. metode pembelajaran 4. Membantu WB menulis sendiri 5. meningkatkan ketramp. Menulis 6. Hub. Ketramp. Berhitung dengan kegiatan sehari-hari 7. Penggunaan mata uang | 4 jp | Demostrasi Simulasi Praktek Diskusi Bermain Peran | Hand Out, LCD,Kertas karton, gunting, spidol, lem, alat ukur/ takaran, Hasil tulisan WB, Kertas Koran, Dosis obat, resep dll | Penugasan Prae test dan Post test |
7. | Peserta dapat memahami bagaimana membuat dan menggunakan table, peta dan garis waktu dengan WB | Peserta dapat menjelaskan dan mengerti bagaimana proses membuat dan menggunakan table, peta dan garis waktu dengan WB | Membuat Tabel Membuat gambar Peta Membuat Garis waktu/Kalender | 1. Konsep pokok membuat Tabel, peta, Garis waktu/Kalender 2. Langkah-langkah pembuatan Tabel, Peta, Garis waktu/Kalender | 4 jp | Demonstrasi Praktek Diskusi Aplikasi | Hand Out, LCD, Kertas Plano, Spido; | Penugasan , Pengamatan, Praetest dan Post Test |
8. | Peserta dapat memahami tentang Tehnik Penyusunan Rencana Belajar | Peserta dapat Menjelaskan bagaimana tehnik penyusunan rencana belajar | Menciptakan rencana belajar Membuat kesepakatan belajar Jaringan kerja | 1.Langkah-langkah menyusun rencana belajar 2. Langkah-langkah melibatkan WB membuat Rencana belajar 3. Cara menjalin kerjasama | 3 jp | Simulasi Tugas Kelompok Demonstrasi | Hand Out, LCD,Kertas Plano, Spido, kertas folio bergaris | Penugasan , Pengamatan, Praetest dan Post Test |
9. | Peserta Dapatmemahami tentang tehnik pembelajaran tematik | Peserta dapat menjelaskan dan menyusun pembelajaran tematik | Konsep Tematik Cara penemuan tema Panduan belajar | 1. pengertian 2. Tujuan 3. Kriteria Pemilihan tema/bahan ajar 4. hasil yang diharapkan 5. proses penemuan tema 6. menyusun Panduan belajar 7. Membuat bahan ajar tematik | 5 jp | Simulasi Penugasan Demostrasi Praktek | Hand Out, LCD,Kertas Plano, Spidol, kertas folio, folio bergaris | Penugasan , Pengamatan, Praetest dan Post Test |
10. | Peserta dapat memahami tentang tehnik evaluasi | Peserta dapat menjelaskan tentang tehnik evaluasi | Konsep evaluasi Tahapan evaluasi SKK | 1. Pengertian 2. Tujuan 3. Tahap evaluasi 4. SKK | 2 jp | Praktek Demonstrasi | Hand Out, LCD, lembar evaluasi | Penugasan , Pengamatan, Praetest dan Post Test |
11. | Peserta dapat memahami tentang administrasi kejar | Peserta dapat menjelaskan jenis-jenis administrasi yang diperlukan dan cara mengerjakan | Konsep administrasi Jenis administrasi | 1. Pengertian dan Tujuan Administrasi kejar KF 2. Jenis buku yang diperlukan | 2 jp | Ceramah Diskusi | Hadn Out, LCD | Pengamatan |
JUMLAH JAM PELAJARAN | 30 JP |
|
|
|