Minggu, 01 Mei 2011

PROPOSAL SPS PAUD TERINTEGRASI DENGAN POSYANDU



BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pentingnya pendidikan anak usia dini, makin dirasakan masyarakat, hal ini ditandai dengan banyaknya partisifasi masyarakat dalam melaksanakan upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan cara mengikuti program Pendidikan Anak Usia Dini yang dilaksanakan dan dikelola oleh masyarakat itu sendiri.

Mereka menyadari bahwa mengikuti program pendidikan bagi anak mulai umur 7 tahun dengan langsung masuk SD sudah sangat ketinggalan. Mereka menyadari pula bahwa tumbuh kembang anak akan optimal bila nutrisi, kesehatan dan rangsangan pendidikan dimulai sejak 0 tahun, bahkan sejak masa pembuahan.

Anak yang dirangsang pendidikannya sejak dini akan berbeda dengan anak yang tidak tersentuh pendidikannya. Hasil Penelitian di Baylor menyatakan bahwa lingkungan memberi peran yang sangat besar dalam pembentukan sikap, kepribadian dan pengembangan anak secara optimal. Anak yang tidak mendapat lingkungan yang baik untuk merangsang pertumbuhan otaknya, misalnya jarang disentuh, jarang diajak bermain, jarang diajak berkomunikasi, maka perkembangan otaknya akan lebih kecil 20-30% dari ukuran normal seusianya (Diktentis,2003:1)

Hal ini menyadarkan masyarakat itu sendiri untuk membentuk layanan pendidikan bagi anak usia dini yang mudah dijangkau, relatif murah tetapi tetap memenuhi kualitas layanan pendidikan anak usia dini.

Untuk mengoptimalkan perawatan dan pemberian nutrisi dan kesehatan pemerintah telah membentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di tiap Desa yang dibina langsung oleh Puskesmas setempat dengan dimotori oleh bidan desa dan para kader Posyandu. Di Posyandu anak-anak balita dan ibu-ibunya berkumpul, mereka diperiksa kesehatannya, ditimbang badannya, diberi makanan tambahan dan imunisasi sesuai dengan tingkat usianya.

Berawal dari perjalanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa, maka UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang dan Bidan Desa serta para kader posyandu tergerak untuk membentuk Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini terintegrasi dengan Posyandu dengan tujuan agar Anak Usia Dini dapat tumbuh kembangnya dengan optimal sesuai dengan perkembangan umur.

Agar mudah dijangkau oleh masyarakat kami membentuk layanan PAUD Terintegrasi dengan Posyandu di desa tempat masyarakat itu berada. Relatif murah dan kami berusaha agar disamping dana dari Pemerintah juga partisifasi dari orang tua seadanya.

Untuk memenuhi kebutuhan layanan Pendidikan Anak Usia Dini, UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang bersama-sama dengan masyarakat Desa ........... Kecamatan ........... dan kabupaten Jombang membentuk lembaga Layanan PAUD terintegrasi dengan Posyandu. Ini merupakan bentuk layanan PAUD yang penyelenggaraanya diintegrasikan dengan layanan Bina Keluarga Balita dan Posyandu (Direktorat PAUD,2008:3).

Lembaga ini diberinama .................. di Desa ............................ Kecamatan ................. berdiri sejar ........................... dan mendapat izin dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang No. ............................ Tanggal ................

B. Visi dan Misi Lembaga

Visi : Mempersiapkan Generasi Cerdas Sehat Ceria

Misi: a. Meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak

b. Meningkatkan pelayanan pendidikan anak usia dini yang mudah terjangkau, relatif murah dan berkualitas.

c. Meningkatkan kualitas kerja .........................

d. ..................................

C. Tujuan

1. Tujuan Umum

Meningkatkan kecerdasan serta ikut membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang lebih diperlukan oleh anak/anak Usia Dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk pertumbuhan dan perkembangannya sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.

2. Tujuan Khusus

a. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )

b. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan anak–anak Dini Usia sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.

c. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi Anak Usia Dini.

D. Manfaat

1. Belajar bergaul dengan anak/anak yang lain

2. Menghantar anak untuk mandiri

3. Mengenal figur selain orang tua

4. Orang tua lebih mengenal karakter anaknya

5. Menumbuh kembangkan sikap riligius anak

E. Jenis Program Yang Dilaksanakan

Program Pendidikan Anak Usia Dini berbentuk PAUD terintegrasi dengan Posyandu untuk anak usia 2-3 tahun dan 3-5 tahun

F. Hasil Yang Diharapkan

1. Mengharapkan nantinya pos PAUD ini bisa melayani pendidikan anak usia dini di daerah tersebut

2. Terdidiknya anak usia dini didaerah tersebut dan daerah sekitarnya

3. Terdapatnya lembaga Kejar Usaha yang mampu menyumbang biaya pendidikan anak usia dini

G. Status Lembaga :

Izin Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang No. ..................... tanggal......................

H. Dasar Pelaksanaan

1. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional

2. UU No.4 tahun 1974 tentang Kesejahteraan Anak

3. UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

4. Surat Ijin Kepala Dinas Pendidikan No ......................

BAB II

PROFIL LEMBAGA

A. Kurikulum/Program Pembelajaran

Kurikulum yang digunakan mengacu pada menu generik yang dikeluarkan oleh Ditjen PLS Depdiknas,Tahun 2003 serta telah dikembangkan berdasarkan keadaan dan kebutuhan Kab. Jombang, oleh HIMPAUDI Kab. Jombang sebagai berikut ;

1. Warga Belajar PAUD

Program Pembelajaran PAUD berdasarkan Kurikulum yang digunakan Yaitu Kurikulum Kelompok Bermain Diknas tahun 2001 meliputi ,

Pengembangan Pembentukan Perilaku ( keimanan dan ketaqwaan, budi pekerti, sosial dan emosinal ) melalui pembiasaan ,

1. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

2. Mengucapkan salam bila bertemu orang lain

3. Tolong menolong sesama teman

4. Berlatih untuk selalu tertib dan patuh pada peraturan

5. Rapi dalam bertindak dan berpakaian

6. Tenggang rasa terhahap keadaan orang lain

7. Berani dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar

8. Merasa puas atas prestasi yang dicapai

9. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan

10. Dapat mengurusi diri sendiri

11. Bergotong royong bersama teman

12. Menjaga kebersihsn lingkungan

13. Sopan santun

14. Menjaga keamanan diri

Pengembangan Kemampuan Dasar ( bahasa, daya pikir, keterampilan seni dan jasmani , disesuaikan dengan usia dan tema )

Pengembangan kemampuan yang lain / ekstra ,

1. Bahasa Inggris

1.1. Penguasaan angka

1.2. Penguasaan nama/nama anggota tubuh

1.3. Benda – benda dalam kelas / sekitar

1.4. Penguasaan nama buah dan sayur

1.5. Penguasaaan nama hewan – hewan

1.6. Penguasaan komunikasi sederhana

Bahasa Arab

2.1. Mengenal huruf hijaiyah

2.2. Do’a sehari / hari

1.3. Adab tingkah laku sehari – hari

Pelayanan Kesehatan

Untuk kegiatan pelayanan kesehatan di sesuai dengan kegiatan Posyandu antara lain :

3.1. Pemeriksaan kesehatan

3.2. Pemberian makanan bergizi

3.3. Pemberian imunisasi

2. Untuk orang tua warga belajar ,

Program pembelajaran Sbb ,

PRORGAM PEMBELAJARAN TENTANG KESEHATAN BALITA

No

Materi Kegiatan

Alokasi Waktu

Keterangan





A

Teori



1

Agama

5 Jp


2

Kesehatan dan Gizi

5 Jp


3

Tumbuh Kembang anak

5 Jp


4

Pendidikan Keluarga ( Adil Gender )

5 Jp


5

Wisata Anak

5 Jp


B

PRAKTEK



1

Keterampilan Praktis

15 Jp


2

Pengelolaan Usaha Kecil

20 Jp



J u m l a h

60 Jp


B. Proses Pembelajaran

  1. Penyusunan Rencana Pembelajaran

Rencana Pembelajaran dibuat oleh Pendidik Paud yang dikerjakan satu bulan sebelum tahun ajaran baru yaitu pada bulan Juni , dengan dimulai membuat Rencana Pembelajaran Tahunan, Semester, Bulanan, Mingguan, dan Harian

  1. Densitas Main

Keragaman alat jenis main disesuaikan dengan sentra yang akan dimasuki, tujuan yang akan dicapai pada hari itu dan tema pembelajaran. Cara main bisa sendiri ataupun berkelompok berdasarkan jenis main ( Sensoria motork, mainperan, pembangunan)

  1. Peran Pendidik sebelum anak main atau sebelum proses pembelajaran

Peran pendidik sebelum anak main adalah merangsang anak untuk mau melakukan, senang melakukan dan mentaati peratuaran yang telah diciptakan bersama anak

  1. Peran Pendidik saat anak main atau saat proses pembelajaran

Peran pendidik saat anak main adalah melihat ,mencatat dan menilai perkembangan anak serta membantu anak bila mengalami kesulitan dalam memainkan alat mainnya.

  1. Peran Pendidik setelah anak main atau setelah proses pembelajaran

Peran pendidik setelah anak main adalah Recalling / menanyakan kembali hasil main anak, kesulitan, kegagalan(mengapa ada pertengkaran dengan teman, mogok main dsb). Keberhasilan serta penghargaan untuk setiap keberhasilan anak dengan cara menyanyi, bertepuk dsb.

  1. Peran Lembaga Dalam Mewujudkan Lembaga PAUD Kreatifitas, Bersih,Sehat, serta Ramah Lingkungan

Lembaga menghargai setiap pendidik yang mampu menciptakan alat main dari bahan bekas, menciptakan permainan tradisional dll. dengan membedakan Honor/transport bulanannya.

BAB III

PELAKSANAAN

A. NAMA PROGRAM

Program yang dilaksanakan adalah Program PAUD Terintegrasi dengan “ Posyandu ……………………….. Desa …………… Kecamatan …………. Kabupaten Jombang.

B. SASARAN, KARAKTERISTIK DAN DASAR PEMILIHAN

1. Sasaran ( Warga Belajar )

Yang Menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah ,

1.1. Warga Belajar PAUD/Kelompok Bermain , ……….. anak usia 2 sd 5 tahun

1.2. Warga Masyarakat ; …………ibu / orang tua murid

Daftar Warga Belajar terlampir ( lampiran 1 )

2. Karakteristik

Desa …………….. Kabupaten Jombang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai buruh tani, dan bakulan namun peran sertanya terhadap program pendidikan sangat tinggi.

3. Dasar

Di Desa ……………………… meskipun penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai buruh tani,dan bakulan namun peran sertanya terhadap program pendidikan sangat tinggi. Sebagai dasar dibentuknya kegiatan PAUD terintegrasi dengan kegiatan Posyandu adalah ,

a. Belum ada sosialisasi program PAUD di Daerah Pedesaan.

b. Untuk meningkatkan layanan Pendidikan bagi anak balita

c. Tingkat ekonomi masyarakatnya dibawah garis kemiskinan

C. LOKASI / TEMPAT

Lokasi pelaksanaan program bertempat di ,

Desa ………………….Kecamatan …………….. Jombang sebanyak ……………. anak.

Lokasi ini memudahkan komunikasi antar pengelola, warga masyarakat dan Posyandu, ini merupakan Posyandu aktif dengan jumlah warga belajar keseluruhan ……………….. anak.

D. KETENAGAAN

Pelaksana Program adalah Team Penggerak PKK Desa ………………… Kecamatan ……………….. Kabupaten Jombang, Warga Masyarakat, dan dibantu oleh Mitra Kerja dalam hal ini Bidan Desa dan Kader Posyandu.

1. Organisasi pengelola program

Untuk membantu kelancaran pelaksanaan progam Ketua Penelenggara dibantu oleh sekretaris dalam hal Administrasi; Bendahara dalam hal Pengelolaan dan Anggota dalan hal pelaksanaan program dilapangan. Sebaliknya apabila terjadi hambatan, sekretaris, bendahara dan anggota berkonsultasi dengan Ketua Penyelenggara.

2. Uraian Tugas

Agar tidak terjadi mismanagement maka diperlukan job description yang jelas, sehingga setiap personil dapat melaksanakan tugasnya dengan mudah dan benar. Adapun rincian tugas masing/masing personil penyelenggara adalah sebagai berikut ,

NO

JABATAN

KEPANITIAAN

JABATAN

KEDINASAN

URAIAN TUGAS

1

Penanggung Jawab

Kepala Desa

Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan program

2

Ketua

Ketua Team Penggerak PKK

< Koordinasi dengan atasan

< Identifikasi

< Menyusun Program

< Melaksanakan program

< Memantau program

< mengevaluasi program

< Membuat konsep laporan

3

Sekretaris

Warga Masyarakat

Melaksanakan kebijakan ketua dibidang kesekretariatan,

< Menyiapkan administrasi kegiatan

< Membuat laporan

4

Bendahara

Warga Masyarakat

Melaksanakan kebijakan ketua dan merencanakan penggunaan keuangan sesuai dengan anggaran yang dialokasikan

5

Anggota

Warga Masyarakat

Melaksanakan kebijakan ketua di tingkat lapangan

6

Mitra Kerja

Puskesmas

Posyandu

Membantu pengelola dalam hal

< Rekrutmen Warga Belajar

< Rekrutmen Sumber belajar

< Propses pembelajaran

< Proses pembelajaran bidang Kesehatan

< Pendampingan

Daftar nama personil penyelenggara ( terlampiran 2 )

3. Pendidik

3.1. Paud ......................

NO

N A M A / N I P

Tempat Tanggal Lahir

Masa Kerja

Pend. Terakhir

1





E. LEMBAGA / ORGANISASI PENDUKUNG PROGRAM

Yang mendukung kegiatan tersebut adalah ,

1. Lembaga/ Organisasi

a. Bidang Pendidinan Non Formal dan Informal Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang

b. Pemerintah Kecamatan ……………. Kabupaten Jombang.

c. UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang

d. UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan ……………………

e. Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Desa …………….. Kecamatan …………….

f. Bidang Desa ………… Kecamatan …………………..

2. Sarana dan Prasarana yang telah dimiliki

KONDISI SARANA DAN PERLENGKAPAN PENDIDIKAN

NO

Jenis Barang

Jumlah berdasar Status

Jumlah dalam Kondisi

Milik sendiri

Pinjam

Sewa

Baik

Rusak

1

Kursi Belajar

buah





2

Meja Belajar

buah





3

Kursi Pamong di Kelas

buah





4

Meja Pamong di Kelas

buah





5

Kursi Pamong di Kantor

set





6

Meja Pamong di Kantor

buah





7

Meja kursi tamu di Kantor

/





8

Almari di kelas

buah





9

Almari di Kantor

buah





10

Almari untuk mainan

buah





11

Karpet / Alas Lantai

/





12

Rak Buku di Kelas

set





13

Rak mainan di Kelas

set





14

Rak Kajalah di Kantor

/





15

Papan hasil Karya anak

/





16

Papan pengumunan

/





17

Perlengkapan Tulis kantor

/





18

Box Bayi * )

/





19

Perlengkapan Bayi * )

/





20

A P E ( set )

1 set





21

Alat Peraga

18 set





22

Alat/alat Kesenian

/





23

Alat permainan di Taman

/





24

Bak Pasir

/





25

Tempat Sampah di Kelas

2 buah





26

Tempat cuci tangan di kelas

2 buah





27

Tempat sampah di luar Kelas

2 buah





28

Papan Peraga Tempel

1 buah





29

Boneka

5 buah





F. PELAKSANAAN PBM

Proses belajar mengajar dilaksanakan selama 4 ( empat ) hari yaitu ,

Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis ( jam 07.30 s.d. 10.30 WIB ).

Kegiatan belajar mengajar dimulai sejak bulan Mei 20…….., untuk persiapan PBM tahun ajaran baru …………….

G. TOLOK UKUR KEBERHASILAN

Sebagai tolok ukur keberhasilan Program PAUD Terintegrasi dengan Posyabdu adalah ,

a. WB, SB aktif setiap PBM

b. Jumlah WB, SB minimal tetap diawal dan diakhir program

c. Terget PBM tercapai

I. D A N A

Dana yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan ini sejumlah Rp …………….,- ( ……………. ). bersumber dari ;

1. Pemerintah melalui BOP

2. Swadaya dari orang tua/wali murid

BAB. IV

P E N U T U P

Dari uraian tersebut di atas maka Team Penggerak PKK Desa ………………. Kecamatan ……………….. menganggap perlu untuk menyelenggarakan program kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) / Kelompok Bermain Terintegrasi dengan Posyandu bagi warga masyarakat Desa ………………dan sekitarnya dalam rangka ;

1. Meningkatkan pelayanan Pendidikan bagi warga masyarakat dan Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan Anak Usia Dini sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.

2. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi Anak Usia Dini.

KATA PENGANTAR

Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah Nya kepada kami , sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal Peningkatan Peranan dan Pelayananan Pendidikan pada Masyarakat Melalui Pembinaan Program Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ).terintegrasi dengan Posyandu.

Perolehan data ini berkat bantuan dan kerjasama antar seluruh komponen masyarakat Desa …………….. Kecamatan ……………. Kabupaten Jombang dengan instansi terkait. Dengan kerjasama yang baik ini merupakan modal dasar untuk mencapai tujuan yang optimal, Oleh karena itu kami menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selesainya penulisan proposal ini.

Meskipun kami telah berusaha semaksimal mungkin dalam penulisan proposal ini, kami yakin keterbatasan kami, sehingga proposal ini masih jauh sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik sangat kami harapkan demi sempurnanya proposal kami selanjutnya

Jombang, 2011

Departemen PAUD NI

UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang

Sekretaris

===========================

DAFTAR ISI

LEMBAR REKOMENDASI
KATA PENGANTAR

DAFTARISI
BAB. I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Visi dan Misi
C.
Tujuan
1.
TujuanUmum
2.
Tujuan Khusus
3.
Manfaat
D. Manfaat

E. Jenis Program yang dilaksanakan

F. Hasil yang diharapkan

G. Status lembaga

H. Dasar Pelaksanaan

BAB. II PROFIL LEMBAGA

A. Kurikulum Program Pembelajaran

B. Proses Pembelajaran

BAB. III PELAKSANAAN

A. Nama Program

B. Sasaran, Karakteristik, dan Dasar Pemilihan

1. Sasaran / Warga Belajar

2. Karakteristik
3. Dasar pemilihan lokasi

C. Lokasi / Tempat

D. Ketenagaan

1. Organisasi Pengelola

2. Uraian Tugas

3. Pendidik/Tutor

E. Lembaga Organisasi Pendukung

F. Pelaksanaan PBM

G. Tolok Ukur Keberhasilan

H. Dana / Biaya

BAB. IV PENUTUP

Lampiran/lampiran

1.
Daftar Nama Warga Belajar
2.
Daftar Panitia Penyelenggara


DOWNLOAD DISINI

MENGUAK SITUS SEJARAH SINGKAT CANDI ARIMBI

https://youtu.be/uhMThslteV8