

PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Berbagai hasil penelitian menyatakann bahwa masa usia dini merupakan periode emas bagi perkembangan anak. Periode emas ini sekaligus periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang didapat pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasa. Ahli psikologi perkembangan Bredekamp, et all (1997) mengungkapkan bahwa pemberian pendidikan pada anak usia dini diakui sebagai periode yang sangat penting dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Mengingat periode ini hanya datang sekali dan tidak dapat terulang lagi dalam kehidupan anak, maka memberikan rangsangan-rangsangan psiko-sosial kepada anak usia dini menjadi sangat penting untuk meningkatkan dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 dijelaskan bahwa Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) diselenggarakan melalui 3 jalur yaitu : (1) jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak (TK), Raudatul Athfal (RA) atau bentuk lain yang sederat, (2) jalur pendidikan non formal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) atau bentuk lain yang sederat dan (3) jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yanmg diselenggarakan oleh lingkungan
Tanggung jawab memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini merupakan tanggung jawab semua pihak, baik masyarakat, lembaga swasta lebih-lebih lembaga pemerintah. Oleh karena itu mensinergikan berbagai pihak dalam pemberian layanan pendidikan kepada anak usia dini merupakan langkah cerdas yang harus ditempuh, sehingga layanan pendidikan yang diberikan akan lebih optimal dan dapat menjangkau sasaran yang lebih luas.
Berdasarkan data yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang tahun 2010, sampai saat ini sudah ada 320 lembaga terdiri dari Kelompok Bermain (KB) / Play Group, PAUD Rintisan, Tempat Penitipan Anak(TPA) yang sudah terdaftar, namun senyatanya masih belum bisa menjangkau semua sasaran yang ada. Hal ini dapat dilihat dari distribusi lembaga yang masih belum merata diseluruh wilayah Kabupaten Jombang. Untuk wilayah Kecamatan Wonosalam distribusi lembaga Kelompok Bermain/Playgroup, dan PAUD Rintisan 11 lembaga dari 15 Desa/Kelurahan, sehingga masih banyak anak usia dini yang belum terlayani kebutuhan pendidikannya. Misalnya Desa Sunberejo Kecamatan Wonosalam sebagai Desa terpencil. Dengan demikian masih banyak anak usia dini di wilayah ini yang masih belum terlayani kebutuhan pendidikannya. Untuk itu, UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang ikut bertanggung jawab dalam mencerdaskan anak bangsa melalui pemberian layanan pendidikan sejak Anak Usia Dini, kami bermaksud untuk merintis lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam bentuk ”PROGRAM RINTISAN PAUD/Kelompok Bermain atau Play Group.”
Untuk merealisasikan penyelenggaraan PROGRAM RINTISAN PAUD dalam bentuk Kelompok Bermain atau Play Group di wilayah Dusun Sidolegi Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam sebagai Desa Terpencil, dukungan dana dari pemerintah dalam hal ini Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi sangat penting, mengingat dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan program intisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) cukup besar jumlahnya.
B. TUJUAN
Tujuan Umum :
Secara umum, tujuan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah untuk memberi layanan pendidikan kepada anak usia dini dalam bentuk Kelompok Bermain atau Play Group.
Tujuan Khusus :
Adapun secara khusus, tujuan penyelenggaraan Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah :
1) Memberi rangsangan psiko-sosial kepada anak usia dini
2) Mengoptimalkan potensi kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) yang dimiliki oleh anak usia dini
3) Memberi layanan kesehatan dan gizi kepada anak usia dini
4) Memberdayakan orang tua anak dalam memberikan layanan pendidikan kepada anak melalui lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
5) Mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
6) Mensosialisasikan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang pada gilirannya memberi penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan anak sejak usia dini
C. PESERTA DIDIK
Sasaran utama dari penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dirintis adalah anak usia dini di Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam, khususnya Dusun Sidolegi, usia 02 – 06 tahun sebanyak 26 anak yang berasal dari lapisan masyarakat kelas Pra Sejahtera, Sejahtera sampai dengan kelas atas (subsidi silang) dan orang tua dari anak usia dini yang ada di Desa Sumberejo, Kecamatan Wonosalam,
daftar terlampir 01
D. LOKASI
Tempat penyelenggaraan Program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berlokasi di Dusun Sidolegi Desa Sumberejo, Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur.
E. PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan Program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan dimulai pada ”Bulan JUNI 2011”, dengan 3(tiga) tahapan kegiatan yang meliputi ; tahap persiapan, pelaksanaan Pembelajaran dilaksanakan 6 hari dimulai jam 07.00 sd. 09.30, dan tindak lanjut. pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
dengan uraian kegiatan sbb:
No | K E G I A T A N | WAKTU PELAKSANAAN |
1 | Persaiapan tempat pengecatan | Maret 2011 |
2 | Pengadaan Mebelair | April 2011 |
3 | Rekrut pendidik | Mei s.d. Juni 2011 |
4 | Pendataan calon peserta didik | Juni 2011 |
5 | Penyampaian proposal | Mei 2011 |
6 | Pengadaan alat permainan | Juni 2011 |
7 | Pelatihan Pendidik / Magang | Agustus 2011 |
8 | Pembukaan proses pembelajaran | Juli 2011 |
Kurikulum / Program Pembelajaran
Kurikulum yang digunakan mengacu pada menu generik yang dikeluarkan oleh Ditjen PLS Depdiknas,Tahun 2003 serta telah dikembangkan berdasarkan keadaan dan kebutuhan Kab. Jombang, oleh HIMPAUDI Kab. Jombang
1. Peserta Didik
a. Pengembangan Pembentukan Perilaku ( keimanan dan ketaqwaan, budi pekerti, sosial dan emosinal ) melalui pembiasaan ,
1. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
2. Mengucapkan salam bila bertemu orang lain
3. Tolong menolong sesama teman
4. Berlatih untuk selalu tertib dan patuh pada peraturan
5. Rapi dalam bertindak dan berpakaian
6. Tenggang rasa terhahap keadaan orang lain
7. Berani dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar
8. Merasa puas atas prestasi yang dicapai
9. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
10. Dapat mengurusi diri sendiri
11. Bergotong royong bersama teman
12. Menjaga kebersihsn lingkungan
13. Sopan santun
14. Menjaga keamanan diri
b. Pengembangan Kemampuan Dasar ( bahasa, daya pikir, keterampilan seni dan jasmani , disesuaikan dengan usia dan tema )
c. Pengembangan kemampuan yang lain / ekstra ,
1. Bahasa Inggris
1.1. Penguasaan angka
1.2. Penguasaan nama/nama anggota tubuh
1.3. Benda – benda dalam kelas / sekitar
1.4. Penguasaan nama buah dan sayur
1.5. Penguasaaan nama hewan – hewan
1.6. Penguasaan komunikasi sederhana
2. Bahasa Arab
2.1. Mengenal huruf hijaiyah
2.2. Do’a sehari / hari
1.3. Adab tingkah laku sehari – hari
lihat pada lampiran 2
F. KETENAGAAN
Pelaksana Program adalah UPTD SKB Gudo, Team Penggerak PKK Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, Warga Masyarakat, dan dibantu oleh Mitra Kerja dalam hal ini Bidan Desa dan Kader Posyandu.
1. Stuktur Organisasi Tenaga Kependidikan
|


Garis Komando
Garis Konsultasi
Garis Koordinasi
Hirark dari atas ke bawah menunjukkan kedudukan jabatan dalam perannya terhadap pelaksanaan program. Penanggung jawab selalu berkoordinasi dengan mitra kerja untuk melaksanakan program. Sedangkan ketua penyalenggara untuk melaksanakan tugasnya mendapatkan instruksi dari penanggung jawab dan mengkonsultasikan segala hal yang akan dilakukan. Dalam hal/hal tertentu , Ketua Penyelenggara bisa berkoordinasi langsun
dengan Mitra kerja.Untuk membantu kelancaran pelaksanaan progam Ketua Penelenggara dibantu oleh sekretaris dalam hal Administrasi; Bendahara dalam hal Pengelolaan dan Anggota dalan hal pelaksanaan program dilapangan. Sebaliknya apabila terjadi hambatan, sekretaris, bendahara dan anggota berkonsultasi dengan Ketua
2. Uraian Tugas Tenaga Kependidikan
Agar tidak terjadi mismanagement maka diperlukan job description yang jelas, sehingga setiap personil dapat melaksanakan tugasnya dengan mudah dan benar. Adapun rincian tugas masing/masing personil penyelenggara adalah sebagai berikut ,
NO | JABATAN KEPANITIAAN | JABATAN KEDINASAN | URAIAN TUGAS |
1 | Penanggung Jawab | Kepala UPTD SKB GUDO | Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan program |
2 | Ketua | Pamong B elajar | < Menyusun Program< Melaksanakan program < Memantau program < mengevaluasi program < Membuat konsep laporan |
3 | Sekretaris | Warga Masyarakat | Melaksanakan kebijakan ketua dibidang kesekretariatan, < Menyiapkan administrasi kegiatan < Membuat laporan |
4 | Bendahara | KaSubag TU SKB Gudo | Melaksanakan kebijakan ketua dan merencanakan penggunaan keuangan sesuai dengan anggaran yang dialokasikan |
5 | Anggota | Pamong Belajar | Melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan kebijakan Ketua |
6 | Pendidik | Pendidik PAUD | Melaksanakan tugas-tugas mendidik sesuai dengan kurikulum Pembelajaran |
6 | Mitra Kerja | Bidan Desa dan kader POSYANDU
| Membantu pengelola dalam hal < Rekrutmen Warga Belajar < Rekrutmen Sumber belajar < Propses pembelajaran bidang Kesehatan < Pendampingan |
3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Tenaga Pendidik
Tenaga Pendidik pada Rintisan Program PAUD /PLAY GROUP MELATI Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam sebagai berikut ;
No | NAMA / UNPTK | Pendidk | Pelatihan |
1 | MUNTAMAH / 9462757659300083 | SMA | - Sosialisasi Kurikulum PAUD oleh Dinas Pendidikan - Diklat Pendidik PAUD oleh HIMPAUDI JOMBANG - Diklat BBCT oleh LPPM Universitas Adi Buana Sby - Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD oleh TPKK Kab Jombang |
2 | SUDARNIK 4434767669210013 | SMA | - Diklat BBCT oleh LPPM Universitas Adi Buana Sby - Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD oleh TPKK Kab Jombang - Sosialisasi Kurikulum PAUD oleh Dinas Pendidikan - Workhsop Penyusunan Kurikulum PAUD HOLISTIK INTEGRATIF oleh UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Ngoro |
3 | RINA MUASTIVIVA 8534764664210042 | SMA | - Diklat Kompetensi Tenaga Pendidik PAUD Formal dan Non Formal oleh Dinas Pendidikan Jombang - Diklat BBCT oleh LPPM Universitas Adi Buana Sby - Diklat Kompetensi Pendidik PAUD se Kab Jombang oleh Dinas Pendidikan Kab. Jombang
|
b. Tenaga Kependidikan
Tenaga Kependidikan sejumlah 7(tujuh) orang yang terdisi dari berbagai disiplin ilmu dan telah mengikuti Pelatihan sebagai Pendidik PAUD/Play Group yang dilenggarakan oleh Lembaga Pemerintah maupun lembaga Swasta.
Daftar Nama TenagaPendidik dan Tenaga Kependidikan
NO | N A M A | JABATAN KEDINASAN | JABATAN DALAM KEPANITIAAN |
1 | Drs KASMUJIRAHARJA, M.Pd | Kepala UPTD SKB Gudo Kab. Jombang | Penanggung Jawab |
2 | L A S U B U, S.Pd | Pamong Belajar | K e t u a |
3 | TEGUK SUDARMANTO, S.Pd | Pamong Belajar | Sekretaris |
4 | SUNARTI, S.Pd | Pamong Belajar | Bendahara |
5 | JULI TRIMANGESTHI, S.Pd | Pamong Belajar | Anggota |
6 | ISMIATUN | Ketua Team Penggerak PKK Desa Sumberejo | Seksi perlengkapan |
7 | MARYA ULFA | Bidan Desa | Seksi Kesehatan |
G. PEBIAYAAN/DANA
Biaya/dana yang dibutuhkan untuk Program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini sebesar Rp 69.160.000,00 (enam puluh sembilan juta seratus enam puluh ribu rupiah) yang berasal dari dana bantuan block grant melalui Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Non Forml dan Informal (PAUD NI) dengan penggunaan dana sebagai berikut :
1) Penyiapan tempat/kegiatan : 20% x Rp 69.160.000 = Rp 13.832.000.
2) Pengadaan APE Luar dan APE dalam; 25% xRp 69.160.000 = Rp 17.290.000.
3) Pembelajaran ; 45 % x 69.160.000 = Rp 31.122.000.
4) Manajemen ; 10 % x Rp 69.160.000 = Rp 6.916.000.
J u m l a h = Rp 69.160.000.
Untuk rincian penggunaan dana dapat lihat pada lampiran 3
H. DAYA DUKUNG
Yang mendukung kegiatan ini adalah ,
1. Data sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang sudah dimiliki adalah sebagai berikut ;
NO | Jenis Barang | Jumlah berdasar Status | Jumlah dalam Kondisi | |||
Milik sendiri | Pinjam | Sewa | Baik | Rusak | ||
1 | Kursi Belajar | 12 buah |
|
| baik |
|
2 | Meja Belajar | 12 buah |
|
| baik |
|
3 | Kursi Pendidik di Kelas | 2 buah |
|
| baik |
|
4 | Meja Pendidik di Kelas | 2 buah |
|
| baik |
|
5 | Kursi Pendidk di Kantor | 1 buah |
|
| Baik |
|
6 | Meja Pendidik di Kantor | 1 buah |
|
| Baik |
|
7 | Meja kursi tamu di Kantor |
|
|
|
|
|
8 | Almari di kelas |
|
|
|
|
|
9 | Almari di Kantor |
|
|
|
|
|
10 | Almari untuk mainan |
|
|
|
|
|
11 | Karpet / Alas Lantai |
|
|
|
|
|
12 | Rak Buku di Kelas |
|
|
|
|
|
13 | Rak mainan di Kelas |
|
|
|
|
|
14 | Rak Kajalah di Kantor |
|
|
|
|
|
15 | Papan hasil Karya anak | 1 buah |
|
| Baik |
|
16 | Papan pengumunan |
|
|
|
|
|
17 | Papan tulis | 1 buah |
|
| Baik |
|
18 | Perlengkapan Tulis kantor | Ada |
|
| Baik |
|
19 | Box Bayi * ) |
|
|
|
|
|
20 | Perlengkapan Bayi * ) |
|
|
|
|
|
21 | Timbangan bayi |
|
|
|
|
|
22 | A P E ( set ) | 1 set |
|
| Baik |
|
21 | Alat Peraga |
|
|
|
|
|
22 | Alat/alat Kesenian |
|
|
|
|
|
23 | Alat permainan di Taman |
|
|
|
|
|
24 | Bak Pasir |
|
|
|
|
|
25 | APE Indoor/Ayunan | 1 buah |
|
| baik |
|
2. Lembaga/ Organisasi
Faktor-faktor yang sangat mendukung penyelenggaraan Program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini, agar dapat mencapai hasil yang optimal dan berkembang antara lain adalah :
1) Gedung sendiri
2) Ruang belajar yang representatif
3) Halaman bermain seluas ± 75 m2,
4) Bidang PLS Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang
5) Pemerintah Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang.
6) UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang
7) UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Wonosalam
8) Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam
9) Bidan Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam
10) PNPM Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam
11) Lokasi yang strategis, mudah dijangkau dan dekat dengan Sekolah Dasar ( SDN) Sumberejo II
I. D A M P A K
Dampak yang diperoleh dari penyelenggaraan program kegiatan ini akan berdampak pada :1) Meningkatnya mutu pelayanan PTK-PNFI yang berada di wilayah kerja UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang.
2) Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap program-program PNFI
3) Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti program PNFI
4) Pengembangan kelembagaan, dalam arti meningkatkan layanan kepada masyarakat baik kualitias maupun kuantitasnya, melalui kerja sama atau sinergi dengan lembaga-lembaga yang terkait, seperti dinas kesehatan (puskesmas), dinas sosial, psikolog, dll.
5) Meningkatkan fasilitas atau sarana yang dimiliki, melalui pengadaan/penambahan sarana yang sudah ada, khususnya sarana belajar sesuai dengan tingkat kebutuhan anak dan lembaga
6) Penguatan program, khususnya pendanaan akan dilaksanakan dengan berbagai upaya, seperti penggalian dana melalui donatur tetap, usaha yang bersifat ekonomi dengan melibatkan peran orang tua, seperti pembukaan kios, pengadaan ATK, perlengkapan warga belajar, dll
7) Mengoptimalkan kualitas pembelajaran dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya pendidik melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, studi banding, kursus, lomba dll.
- P E N U T U P
Dari uraian tersebut di atas maka Team Penggerak PKK Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam dan UPTD SKB Gudo menganggap perlu untuk menyelenggarakan program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) / Kelompok Bermain bagi warga masyarakat Desa Sumberejo dan sekitarnya dalam rangka ;
1. Meningkatkan pelayanan Pendidikan bagi warga masyarakat dan Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan Anak Usia Dini sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.
2. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi Anak Usia Dini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar