Rabu, 03 November 2010

1. PKH Pembuatan Pakan Ternak ( RUMINANSIA )
















LATAR BELAKANG

Pengangguran dan kemiskinan hingga saat ini merupakan masalah besar bangsa Indonesia yang belum bisa terpecahkan. Menurut data BPS Agustus 2009 jumlah pengangguran terbuka tercatat sebanyak 8,96 juta orang (7,87%) dari total angkatan kerja sekitar 113,83 juta orang. Dari jumlah 8,96 juta orang penganggunr tersebut sebagian besar berada dipedesaan. Jika dilihat dari latar belakang pendidikan para penganggur berdasarkan data BPS Februari 2009 sebesar 27,09% berpendidikan SD ke bawah, 22,62% berpendidikan SLTP, 25,29% berpendidikan SMA, 15,37% berpendidikan SMK dan 9,63% berpendidikan Diploma sampai Sarjana.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengangguran di Indonesia diantaranya, (1) Jumlah pencari kerja lebih besar dari jumlah peluang kerja yang tersedia (kesenjangan antara Supply and demond). (2) Kesenjangan antara kompetensi pencari kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja (mismatch). (3) Masih adanya anak putus sekolah dan tidak terserap dunia kerja/berusaha mandiri karena tidak memiliki keterampilan yang memadai (unskilled labour), dan (4) Terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena banyaknya buruh dan tenaga kerja mengadakan kegiatan demonstrasi terhadap perusahan dimana mereka bekerja. Dari ke empat factor tersebut, factor pertama, kedua dan ketiga merupakan factor dominan yang menyebabkan pengangguran di Indonesia. Dari gambaran tersebut di atas maka perlu dikembangkan program-program kursus dan pelatihan dalam rangka penurunan aksi-aksi demontsrasi para buruh/karyawan perusahan/pabrik.

Menyikapi kondisi tersebut, maka masalah pengangguran dan aksi-aksi demonstrasi menjadi focus sasaran program-program Ditjen PNFI. Salah satu program unggulan dalam upaya untuk menangani masalah tersebut diatas adalah Program Pendidikan Kecakapan Hidup ( PKH ).

Atas dasar pertimbangan dan makna dalam uraian di atas serta banyaknya limbah pertanian seperti : batang daun jagung, tongkol jagung, batang kedelai, daun dan kulit ketela pohong, batang dan kulit kacang tanah, jerami, merang, daun mahoni, daun nangka, daun lantoro dan lain-lain sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak kering, maka UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang menyusun dan melaksanakan Program Pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup( PKH) “ PEMBUATAN PAKAN TERNAK KERING” ( RUMINANSIA)untuk ternak Kambing dan Sapi


TUJUAN

Tujuan Pelatihan Kecakapan Hidup (PKH) adalah

Ø Memiliki kecakapan personal ( personal skills ) yang mencakup kecakapan mengenali keberadaan dirinya sendiri dan memiliki kepercayaan diri untuk bekerja dan berusaha mandiri.

Ø Memiliki kecakapan akademik ( academic skills ) yang berarti peserta didik mempunyai pengetahuan

Ø Memiliki kecakapan vokasional ( vocational skills ) yaitu peserta didik memiliki ketrampilan di bidangnya

Ø Memiliki kecakapan social ( social skills ) yaitu mempunyai kecakapan untuk bekerjasama dengan anggota kelompok dalam bekerja di bidangnya melalui sikap tenggangrasa dan tanggung jawab bersama.

oleh : La Subu Marafad


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGUAK SITUS SEJARAH SINGKAT CANDI ARIMBI

https://youtu.be/uhMThslteV8