PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pentingnya pendidikan anak usia dini, makin dirasakan masyarakat, hal ini ditandai dengan banyaknya partisifasi masyarakat dalam melaksanakan upaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan cara mengikuti program Pendidikan Anak Usia Dini yang dilaksanakan dan dikelola oleh masyarakat itu sendiri.
Mereka menyadari bahwa mengikuti program pendidikan bagi anak mulai umur 7 tahun dengan langsung masuk SD sudah sangat ketinggalan. Mereka menyadari pula bahwa tumbuh kembang anak akan optimal bila nutrisi, kesehatan dan rangsangan pendidikan dimulai sejak 0 tahun, bahkan sejak masa pembuahan.
Anak yang dirangsang pendidikannya sejak dini akan berbeda dengan anak yang tidak tersentuh pendidikannya. Hasil Penelitian di Baylor menyatakan bahwa lingkungan memberi peran yang sangat besar dalam pembentukan sikap, kepribadian dan pengembangan anak secara optimal. Anak yang tidak mendapat lingkungan yang baik untuk merangsang pertumbuhan otaknya, misalnya jarang disentuh, jarang diajak bermain, jarang diajak berkomunikasi, maka perkembangan otak akan lebih kecil 20-30% dari ukuran normal seusianya (Diktentis,2003:1)
Hal ini menyadarkan masyarakat itu sendiri untuk membentuk layanan pendidikan bagi anak usia dini yang mudah dijangkau, relatif murah tetapi tetap memenuhi kualitas layanan pendidikan anak usia dini.
Untuk mengoptimalkan perawatan dan pemberian nutrisi dan kesehatan pemerintah telah membentuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di tiap Desa yang dibina langsung oleh Puskesmas setempat dengan dimotori oleh bidan Desa dan para kader Posyandu. Di Posyandu anak-anak balita dan ibu-ibu berkumpul, mereka diperiksa kesehatannya, ditimbang badannya, diberi makanan tambahan dan imunisasi sesuai dengan tingkat usianya.
Berawal dari berjalan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Krembangan Kecamatanb Gudo Kabupaten Jombang jumlah anak usia 0 – 6 tahun sejumlah 141 orang anak dengan perincian sebagai berikut : (a) anak usia 0 – 2 tahun 46 orang anak, (b) usia 0 – 4 tahun 35 orang anak, (c) usia 4 – 6 tahun 30 orang anak, sementara itu jumlah lembaga PAUD belum ada.
Bersadarkan uraian tersebut di atas, kami UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang, Pemerintah Desa Krembangan, dan Bidan Desa serta para kader posyandu telah terbentuk “ Program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbentuk Kelompok Bermain ( Play Group) terintegrasi dengan Posyandu” dengan harapan agar Anak Usia Dini dapat tumbuh kembangnya dengan optimal sesuai dengan perkembangan umur.
Lembaga ini diberinama Program Rintisan PAUD/KB “ MELATI ” di Desa Krembangan Kecamatan Gudo berdiri sejar Mei 2008 dan mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang No. 421.9/135/415.30/2008 Tanggal 10 Nopember 2008
B. T U J U A N
1. Tujuan Umum
Meningkatkan kecerdasan serta ikut membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang lebih diperlukan oleh Anak/anak Usia Dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk pertumbuhan dan perkembangannya sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan
2. Tujuan Khusus
a. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini/Play Group
b. Meningkatkan kecerdasan dan keterampilan anak–anak Usia Dini sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.
c. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi Anak Usia Dini.
C. PESERTA DIDIK
1. Peserta Didik
Jumlah sasaran yang terdaftar pada Program Rintisan PAUD/Play Group “MELATI” sampai dengan saat ini sejumlah 35 orang yaitu Usia 2 – 4 tahun
Daftar nama peserta didik
No | N A M A | L/P | Tanggal Lahir | Orang tua | Tk Ekonomi |
1 | Anisah Rahma | P | Jbng, 3-3-2006 | Arifin/shofiatun | RTM |
2 | Lutfi Rahma, A | P | Jbng, 6-6-2006 | Abd Kodir/Nanik | RTM |
3 | Amalia Lestiana | P | Jbng,1-7-2006 | Sigianto/Laila | Kurang |
4 | Alfina Nyrul A | P | Jbng, 7-7-2006 | Mustofa/Nurlaila | RTM |
5 | M. Aris Ubaidilah | L | Jbng, 26-4-2006 | Nasikin/Hana | Menengah ke atas |
6 | Sinta Nova | P | Jbng, 16-4-2006 | Taufik/Basiroh | RTM |
7 | M. Nabil Muzaki | L | Jbng, 4-4-2006 | Yansun/Azizah | Kurang |
8 | Nila Nikmatur R | P | Jbng, 24-9-2006 | Didik/Yeti | RTM |
9 | F i r m a n | L | Jbng, 16-7-2006 | Ratih/Wiyono | RTM |
10 | M. A l b a r A | L | Jbng, 3-7-2006 | Aris / Rohimah | Kurang |
11 | M. A l b a r B | L | Jbng, 4-7-2007 | Arif / Romah | RTM |
12 | M. Chorul Maali | L | Jbng, 23-4-2007 | Aris/Siti Amatus | RTM |
13 | Fadilah Risma | P | Jbng, 18-5-2007 | Dwi Asih/Fauzi | RTM |
14 | M. Matham Arif | L | Jbng, 5-7-2007 | Muawanah/Maskun | Kurang |
15 | Elsa Rohmatun | P | Jbng, 11-7-2007 | St Munawaroh/Imron | RTM |
16 | M. Dwi Yulianto | L | Jbng, 24-7-2007 | Sardiono/wiji | Menengah ke atas |
17 | M. Irsyad | L | Jbng, 21-7-2007 | St Harunah/Khalik | Menengah keatas |
18 | M. Firman Adi | L | Jbng, 18-7-2007 | Ratih/wiyono | RTM |
19 | Miftakhul Ulum | L | Jbng, 28-8-2006 | Misbahudin/Raning | RTM |
20 | Mahiratus Zahra | P | Jbng, 4-5-2007 | Memil / Agus | RTM |
21 | Binti Ror Amanda | P | Jbng, 8-8-2007 | Agus / Yayuk | Kurang |
22 | Isma Nurbani | P | Jbng, 3-4-2007 | Arik / Winda | Menengah |
23 | M. Sholahudin | L | Jbng, 10-6-2007 | Masrur / Nuryati | RTM |
24 | Anisa Nur Fadib | P | Jbng,19-11-2007 | Saidi / sunarti | RTM |
25 | S a t r i o | L | Jbng, 28-11-2007 | Sriati /Sutris | RTM |
26 | M. Abidulah | L | Jbng, 11-11-2007 | Hari / Khoiryah | RTM |
27 | Lailatul Maqhfir | P | Jbng, 19-9-2007 | Anik / Udin | Menengah ke atas |
28 | Hani Mubarok | L | Jbng, 19-12-2007 | Sugiono / Iim | Menengah ke atas |
29 | M. Rizal Nur | L | Jbng, 31-10-2007 | Nanik / Abd Khadir | RTM |
30 | S a n d r i a | P | Jbng, 3-10-2007 | Tiyas / Soni | RTM |
31 | M. Ibrar Amshori | L | Jbng, 24-2-2008 | Rosnani/abrori | RTM |
32 | Putri Rahmania | P | Jbng, 12-9-2007 | Sholihah/Fatimah | RTM |
33 | A. Ahaqhousun | L | Jbng, 30-1-2008 | Yoliati/Nasrullah | RTM |
34 | Wafilatul Hasanah | P | Jbng, 21-5-2008 | M. Malik/Suliha | Menengah ke atas |
35 | M. Arif | L | Jbng, 17-4-2008 | Suliyani/Bambang | RTM |
D. LOKASI KEGIATAN
Lokasi Program Rintisan Pendidikan Anak Usia Dini /Kelompok Bermain “MELATI” Jalan Raya Krembangan – Gudo No. 34 Jombang,
Kode Pos 61463
E. JADWAL PELAKSANAAN RINTISAN
Proses pembelajar dilaksanakan 3 hari dalam seminggu ( Senin, Selasa, dan Rabu ) dan dimulai jam 07.30 sampai dengan 09.30 dengan uraian kegiatan sbb:
No | K E G I A T A N | WAKTU PELAKSANAAN |
1 | Persaiapan tempat pengecatan | 10 Februari 2011 |
2 | Pengadaan Mebelair | 10 Februari 2011 |
3 | Rekrut pendidik | Mei 2011 |
4 | Pendataan calon peserta didik | Juni 2011 |
5 | Penyampaian proposal | April 2011 |
6 | Pengadaan alat permainan | April 2011 |
7 | Pelatihan Pendidik / Magang | Juli 2011 |
8 | Pembukaan proses pembelajaran | Juli 2011 |
Kurikulum/Program Pembelajaran
Kurikulum yang digunakan mengacu pada menu generik yang dikeluarkan oleh Ditjen PLS Depdiknas,Tahun 2003 serta telah dikembangkan berdasarkan keadaan dan kebutuhan Kab. Jombang, oleh HIMPAUDI Kab. Jombang
1. Peserta Didik
a. Pengembangan Pembentukan Perilaku ( keimanan dan ketaqwaan, budi pekerti, sosial dan emosinal ) melalui pembiasaan ,
1. Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
2. Mengucapkan salam bila bertemu orang lain
3. Tolong menolong sesama teman
4. Berlatih untuk selalu tertib dan patuh pada peraturan
5. Rapi dalam bertindak dan berpakaian
6. Tenggang rasa terhahap keadaan orang lain
7. Berani dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar
8. Merasa puas atas prestasi yang dicapai
9. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
10. Dapat mengurusi diri sendiri
11. Bergotong royong bersama teman
12. Menjaga kebersihsn lingkungan
13. Sopan santun
14. Menjaga keamanan diri
b. Pengembangan Kemampuan Dasar ( bahasa, daya pikir, keterampilan seni dan jasmani , disesuaikan dengan usia dan tema )
c. Pengembangan kemampuan yang lain / ekstra ,
1. Bahasa Inggris
1.1. Penguasaan angka
1.2. Penguasaan nama/nama anggota tubuh
1.3. Benda – benda dalam kelas / sekitar
1.4. Penguasaan nama buah dan sayur
1.5. Penguasaaan nama hewan – hewan
1.6. Penguasaan komunikasi sederhana
2. Bahasa Arab
2.1. Mengenal huruf hijaiyah
2.2. Do’a sehari / hari
1.3. Adab tingkah laku sehari – hari
Jadwal terlampir ( lampiran 1 )
F. KETENAGAAN
Pelaksana Program adalah UPTD SKB Gudo, Team Penggerak PKK Desa Krembangan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Warga Masyarakat, dan dibantu oleh Mitra Kerja dalam hal ini Bidan Desa dan Kader Posyandu.
1. Stuktur Organisasi Tenaga Kependidikan
a. Penanggung Jawab Program
b. Ketua Penyelenggara
c. Sekretaris
d. Pendahara
e. Anggota
f. Mitra kerja
2. Uraian Tugas Tenaga Kependidikan
Agar tidak terjadi mismanagement maka diperlukan job description yang jelas, sehingga setiap personil dapat melaksanakan tugasnya dengan mudah dan benar. Adapun rincian tugas masing/masing personil penyelenggara adalah sebagai berikut ,
NO | JABATAN KEPANITIAAN | JABATAN KEDINASAN | URAIAN TUGAS |
1 | Penanggung Jawab | Kepala UPTD SKB GUDO | Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan program |
2 | Ketua | Pamong Belajar | a. Koordinasi dengan atasan b. Identifikasi c. Menyusun Program d. Melaksanakan program e. Memantau program f. mengevaluasi program g. Membuat konsep laporan |
3 | Sekretaris | Warga Masyarakat | Melaksanakan kebijakan ketua dibidang kesekretariatan, a. Menyiapkan administrasi kegiatan b. Membuat laporan |
4 | Bendahara | KaSubag TU SKB Gudo | Melaksanakan kebijakan ketua dan merencanakan penggunaan keuangan sesuai dengan anggaran yang dialokasikan |
5 | Anggota | Pamong Belajar | Melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan kebijakan Ketua |
6 | Pendidik | Pendidik PAUD | Melaksanakan tugas-tugas mendidik sesuai dengan kurikulum Pembelajaran |
6 | Mitra Kerja | Bidan Desa dan kader POSYANDU
| Membantu pengelola dalam hal a. Rekrutmen Warga Belajar b. Rekrutmen Sumber belajar c. Propses pembelajaran d. Proses pembelajaran bidang Kesehatan e. Pendampingan |
G. B I A Y A
1. Rencana Pembiayaan
Besar biaya yang diperlukan untuk membiyai 20 orang anak didik sejumlah
Rp 24.000.000,- ( Dua puluhempat juta rupiah ). Dengan sumber pendanaan sebagai berikut:
1. Bantuan rintisan PAUD/Kelompok bermain yang bersumber dari BPPNFI tahun anggaran 2010
2. Bantuan dari orang tua peserta didik
Dana tersebut digunakan untuk :
a. Pengadaan sarana pembelajaran ;
………………………………40 % x Rp. 24.000.000,- = Rp.9.600.000,-
b. Pengadaan mebelair dan renovasi ringan
………………………………20% x Rp. 24.000.000,- = Rp. 4..800.000,-
c. Penyelenggaraan proses pembelajaran
………………………………20 % x Rp. 24.000.000 = Rp. 4.800.000,-
d. Peningkatan mutu pendidikan dan pengasuhan
…………………………….. 20 % x Rp. 24.000.000 = Rp. 4.800.000,-
Perincian penggunaan dana terlampir ( lampiran 02 )
H. DAYA DUKUNG
Yang mendukung kegiatan ini adalah ,
1. Data sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang sudah dimiliki adalah sebagai berikut ;
NO | Jenis Barang | Jumlah berdasar Status | Jumlah dalam Kondisi | |||
Milik sendiri | Pinjam | Sewa | Baik | Rusak | ||
1 | Kursi Belajar | - |
|
|
|
|
2 | Meja Belajar | - |
|
|
|
|
3 | Kursi Pendidik di Kelas | - |
|
|
|
|
4 | Meja Pendidik di Kelas | - |
|
|
|
|
5 | Kursi Pendidk di Kantor | 3 buah |
|
| Baik |
|
6 | Meja Pendidik di Kantor | 3 buah |
|
| Baik |
|
7 | Meja kursi tamu di Kantor |
|
|
|
|
|
8 | Almari di kelas | 1 buah |
|
| baik |
|
9 | Almari di Kantor | 1 buah |
|
| Baik |
|
10 | Almari untuk mainan | - buah |
|
|
|
|
11 | Karpet / Alas Lantai | 12 meter |
|
| Baik |
|
12 | Rak Buku di Kelas |
|
|
|
|
|
13 | Rak mainan di Kelas |
|
|
|
|
|
14 | Rak Kajalah di Kantor |
|
|
|
|
|
15 | Papan hasil Karya anak | 1 buah |
|
| Baik |
|
16 | Papan pengumunan | 1 buah |
|
|
|
|
17 | Papan tulis | 1 buah |
|
| Baik |
|
18 | Perlengkapan Tulis kantor | Ada |
|
| Baik |
|
19 | Box Bayi * ) | - |
|
|
|
|
20 | Perlengkapan Bayi * ) | - |
|
|
|
|
21 | Timbangan bayi | 1 buah |
|
| Baik |
|
22 | A P E ( set ) | 1 set |
|
| Baik |
|
21 | Alat Peraga | 18 set |
|
| Baik |
|
22 | Alat/alat Kesenian | - |
|
|
|
|
23 | Alat permainan di Taman | 3 set |
|
| Baik |
|
24 | Bak Pasir | - |
|
|
|
|
25 | APE Indoor/Ayunan | 1 buah |
|
| baik |
|
2. Lembaga/ Organisasi
a. Bidang PLS Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang
b. Pemerintah Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang.
c. UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang
d. UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Gudo
e. Pemerintah dan Tokoh Masyarakat Desa Krembangan Kecamatan Gudo
f. Bidan Desa Krembangan Kecamatan Gudo
e. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a. Tenaga Pendidik
Tenaga Pendidik pada Rintisan Program PAUD /PLAY GROOP MELATI Desa Krembangan Kecamatan Gudo sebagai berikut ;
NO | N A M A / N I P | Pendidikan | Pelatihan |
1 | UMATUL AZIZAH | SLTA | Tutor PAUD oleh HIMPAUDI Kabupaten Jombang |
2 | FITRI RAHMAD DEWI, S.Pd | S I | - Sda - |
3 | INDAYATI, S.Pd I | S 1 | - Sda - |
b. Tenaga Kependidikan
Tenaga Kependidikan sejumlah 6(enam) orang yang terdisi dari berbagai disiplin ilmu dan telah mengikuti Pelatihan sebagai Pendidik PAUD/Play Group yang dilenggarakan oleh Lembaga Pemerintah maupun lembaga Swasta.
Daftar Nama TenagaPendidik dan Tenaga Kependidikan
NO | N A M A | JABATAN KEDINASAN | JABATAN DALAM KEPANITIAAN |
1 | Drs KASMUJIRAHARJA, M.Pd | Kepala UPTD SKB Gudo Kab. Jombang | Penanggung Jawab |
2 | L A S U B U, S.Pd | Pamong Belajar | K e t u a |
3 | TEGUK SUDARMANTO, S.Pd | Pamong Belajar | Sekretaris |
4 | SUNARTI, S.Pd | Pamong Belajar | Bendahara |
5 | JULI TRIMANGESTHI, S.Pd | Pamong Belajar | Anggota |
6 | HJ. NAFSIAH | Kepala Desa Krembangan | Seksi perlengkapan |
7 | WIRANDAWATI | Bidan Desa | Seksi Kesehatan |
I. TINDAK LANJUT
Dengan terbentuknya PAUD/PLAY GROUP “M E L A T I “, maka pemerintah Desa dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dalam hal ini membentuk Kelompok C yaitu usia 06 tahun setara dengan TK untuk persiapan masuk Sekolah Dasar.
J. RENCANA PENGENDALIAN MUTU
1. Rencana Pengendalian
Rencana yang dikendalikan adalah semua komponen yang di tuangkan dalam proposal dan yakni : Kesesuaian dengan rencana, kesesuaian penggunaan dana, ketetapan dalam penyaluran , proses pembelajaran , dan keterlibatan dari unsur – unsur yang relevan.
Adapun unsur - unsur yang yang dikendalikan adalah :
a. Rencana program dan penggunaan dana
b. Ketepatan penyaluran dana
c. Ketepatan pemanfaatan dana
d. Ketepatan sasaran program
e. Kualitas program dan kualitas pendidikan
f. Proses pembelajaran
g. Hasil program / pendidikan
h. Dampak program / Pendidikan
2. Gugus Kendalia Mutu
a. Petugas Kendalimutu
Petugas Kendalimutu terdiri dari unsur Kepala dan Pamong Belajar UPTD Gudo Kab. Jombang, Pamong Belajar BPPNFI Regional IV Surabaya, Kasi PAUD, Kasil PLS Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Penilik PLS UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Gudo Serta unsur lain yang berwenang dan di tunjuk.
b. Waktu Pelaksanaan Kendalimutu
Kendalimutu dilaksanakan berkelanjutan minimal setiap bulan
3. Pelaporan
Unsur Pelaoran sebagai berikut :
a. Aspek Pelaporan
Laporan berisi : seluruh kegiatan yang di laksanakan oleh UPTD SKB Gudo yang menggunakan dana Bantuan Opresional Pendidikan ( BOP ), baik administrative, proses, pembelajaran kemajuan pembelajaran, dan hasil pembelajaran , dengan sistematika sebagai berikut :
1. Pendahuluan
2. Tujuan Program
3. Sasaran program
4. Proses pembelajaran dan unsur yang terlibat
5. Hasil pembelajaran berpatokan pada tolok ukur keberhasilan
6. Pemanfatan dana
7. Tindak lanjut program
8. Kekuatan, kelemahan dan saran
9. Penutup
10. Lampiran
b. Waktu dan Penyampaian Pelaporan UPTD SKB Gudo
Pelaporan dilaksanakan setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan dan laporan tahunan kepada Kepala BPPNFI Regional IV Surabaya
K. P E N U T U P
Dari uraian yang telah tersebut di atas maka UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) menganggap perlu untuk menyelenggarakan program Rintisan “PAUD / Play Group “ MELATI” di Desa Krembangan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang dalam rangka meningkatkan Pelayanan Pendidikan PAUD / Play Group atau Kelompok Bermain Sebagai upaya peningkatan Sumber daya manusia Karyawan SKB Gudo kabupaten Jombang.
Jombang 2011
Ketua Unit Departemen PAUD
UPTD SKB Gudo
Kab. Jombang Jawa Timur
LA SUBU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar