Kamis, 23 Desember 2010

DIKLAT PENDIDIK PAUD SKB GUDO

DIKLAT PENDIDIK PAUD SKB GUDO



Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan Kabupaten jombang menyematkan tanda peserta secara simbolis

A. TUJUAN DIKLAT

Setelah proses pelatihan peningkatan kualitas proses pembelajaran bagi pendidik paud selesai diharapkan peserta pelatihan mampu:

a. Menguasai konsep dasar pendidikan anak usia dini.

b. Menyusun program pembelajaran untuk satu tahun, menyusun satuan kegiatan Mingguan (SKM), dan menyusun satuan kegiatan harian (SKH).

c. Menguasai metode pembelajaran Metode BCCT berdasarkan tujuan belajar pada program pembelajaran yang telah disusun.

d. Menguasai metode pembelajaran HOLISTIK INTEGRATIF

e. Menguasai penggunaan alat / media bermain / permainan edukatif (APE) untuk pelaksanaan program pembelajaran yang telah disusun

B. MATERI DAN ALOKASI WAKTU


Fasilitator dari BPPNFI Reg. IV Surabaya sedang memberikan materi BCCT

Berdasarkan analisis kebutuhan belajar (assesment needs) menunjukkan bahwa Pendidik PAUD masih memerlukan pemahaman tentang konsep dasar PAUD; peningkatan perencanaan pembelajaran untuk tahunan, semesteran, satuan kegiatan mingguan(SKM) dan satuan kegiatan harian; peningkatan penggunaan metode pembelajaran melalui Metode BCCT, HOLISTIK INTEGRATIF, bermain dan menyanyi; dan peningkatan penggunaan alat permainan edukatif (APE) berdasarkan perencanaan pembelajaran. Dari hasil analisis kebutuhan belajar tersebut di atas, agar pelatihan peningkatan mutu proses pembelajaran bagi Pendidik PAUD sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai maka dirancang dengan menggunakan 7 materi, baik teori maupun praktek dengan alokasi 50 jam.

Diklat Pendidik PAUD Binaan SKB Gudo dilaksanakan pada tanggal 14 Desember s.d. 18 Desember 2010 ( selama 5 hari) dan diikuti sejumlah 30 orang Pendidik PAUD yang berasal dari 11 kecamatan sebagai wilayah kerja SKB Gudo Kabupaten Jombang Jawa Timur..

C. PESERTA

Rekrutmen Peserta Pendidik PAUD dilaksanakan oleh pamong belajar UPTD SKB Gudo dari 11 Kecamatan wilayah kerja UPTD SKB Gudo

- Jumlah Peserta 30 orang terdiri dari :

1. Kecamatan Gudo = 6 orang

2. Kecamatan Ngoro =3 orang

3. Kecamatan Bareng = 2 orang

4. Kecamatan Wonosalam = 3 orang

5. Kecamatan Mojowarno = 3 orang

6. Kecamatan Diwek = 3 orang

7. Kecamatan Jombang = 2 orang

8. Kecamatan Tembelang = 2 orang

9. Kecamatan Perak = 2 orang

10. Kecamatan Megaluh = 2 orang

11. Kecamatan Bandarkedungmulyo = 2 orang

D. PENDEKATAN DAN METODE

Proses pembelajaran yang dilakukan pada pelatihan peningkatan mutu proses pembelajaran Pendidik PAUD, dirancang dengan menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa (andragogi) serta prinsif belajar partisipatif, yaitu melibatkan peran serta aktif peserta pelatihan dalam proses pembelajaran, sedangkan nara sumber membantu peserta pelatihan menciptakan suasana belajar.

Sedangkan tahapan proses pembelajaran dirancang berdasarkan siklus belajar dari pengalaman sebagai berikut:

Tahap Mengalami merupakan langkah awal dari refleksi yang mencakup keberadaan kita, kegiatan-kegiatan kita, perasaan-perasaan kita, pengamatan kita dan apa saja yang kita dengar yang sejauh mungkin mempunyai dampak yang berarti.

Tahap pengungkapan yaitu tahap memaparkan atau menyampaikan berbagi pengalaman.

Tahap menganalisis yaitu proses untuk memcoba memahami berbagai ungkapan pengalaman dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran.

Tahap menyimpulkan dan merencanakan yaitu proses menggeneralisasikan dan menyimpulkan suatu bahan untuk menyusun perencanaan.

Tahap menerapkan yaitu melakukan dan melaksanakan sesuatu yang telah di rencanakan

E. FASILITATOR/NST

Fasilitator Pelatihan berasal dari unsure-unsur ::

1. BPPNFI Reg IV Surabaya

2. Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang

3. UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGUAK SITUS SEJARAH SINGKAT CANDI ARIMBI

https://youtu.be/uhMThslteV8